10 Trik Cara Menonaktifkan Huruf Kapital di Android yang Harus Kamu Coba!

Mengatur pengaturan keyboard di perangkat Android memungkinkan pengguna untuk mengubah pengaturan default, termasuk mengaktifkan atau menonaktifkan huruf kapital. Bagi sebagian orang, memiliki huruf kapital secara default dapat mengganggu saat mengetik. Berikut adalah beberapa cara untuk menonaktifkan huruf kapital di perangkat Android:

1. Menggunakan Pengaturan Keyboard Bawaan

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengakses pengaturan keyboard bawaan di perangkat Android. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka Pengaturan: Buka menu Pengaturan di perangkat Android Anda.
  2. Pilih Bahasa & Input: Gulir ke bawah dan pilih menu “Bahasa & Input”.
  3. Pilih Keyboard: Di menu “Bahasa & Input”, pilih opsi “Keyboard” atau “Virtual Keyboard”.
  4. Pilih Keyboard Bawaan: Pilih keyboard bawaan yang digunakan pada perangkat Anda.
  5. Nonaktifkan Huruf Kapital: Di pengaturan keyboard, cari opsi untuk menonaktifkan huruf kapital dan aktifkan opsi tersebut.

2. Menggunakan Aplikasi Keyboard Pihak Ketiga

Selain menggunakan keyboard bawaan, pengguna juga dapat menginstal aplikasi keyboard pihak ketiga yang memiliki fitur pengaturan huruf kapital. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Unduh Aplikasi Keyboard: Unduh dan instal aplikasi keyboard pihak ketiga dari Google Play Store.
  2. Atur Pengaturan Keyboard: Buka aplikasi keyboard yang telah diunduh dan cari opsi pengaturan.
  3. Cari Opsi Nonaktifkan Huruf Kapital: Di pengaturan keyboard, cari opsi untuk menonaktifkan huruf kapital dan aktifkan opsi tersebut.
  4. Gunakan Keyboard Pihak Ketiga: Setelah pengaturan selesai, gunakan keyboard pihak ketiga untuk mengetik tanpa huruf kapital.

3. Perbarui Sistem Operasi Android

Pembaruan sistem operasi Android dapat membawa perubahan pada pengaturan default, termasuk pengaturan keyboard. Untuk memastikan pengguna memiliki opsi untuk menonaktifkan huruf kapital, sebaiknya perbarui sistem operasi ke versi terbaru. Cara memperbarui sistem operasi Android adalah sebagai berikut:

  1. Buka Pengaturan: Buka menu Pengaturan di perangkat Android Anda.
  2. Pilih Tentang Ponsel: Gulir ke bawah dan pilih menu “Tentang Ponsel” atau “Tentang Perangkat”.
  3. Perbarui Sistem: Di menu “Tentang Ponsel”, cari opsi untuk memperbarui sistem operasi dan ikuti petunjuk yang diberikan.

4. Reset Pengaturan Keyboard

Jika pengaturan keyboard di perangkat Android terlanjur bermasalah dan tidak dapat menonaktifkan huruf kapital, pengguna dapat mencoba mereset pengaturan keyboard. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan: Buka menu Pengaturan di perangkat Android Anda.
  2. Pilih Aplikasi: Gulir ke bawah dan pilih menu “Aplikasi” atau “Aplikasi & Notifikasi”.
  3. Cari Keyboard: Cari aplikasi keyboard yang digunakan pada perangkat Anda.
  4. Hapus Cache dan Data: Di halaman informasi aplikasi keyboard, pilih opsi untuk menghapus cache dan data aplikasi.
  5. Restart Perangkat: Setelah menghapus cache dan data, restart perangkat Android Anda.

5. Menggunakan Shortcuts Keyboard

Beberapa keyboard pihak ketiga menyediakan fitur shortcuts yang memungkinkan pengguna untuk dengan cepat mengubah pengaturan, termasuk huruf kapital. Cara menggunakan shortcuts keyboard adalah sebagai berikut:

  1. Pilih Huruf Kapital: Saat mengetik, pilih huruf yang ingin diubah menjadi huruf kapital.
  2. Gunakan Shortcuts: Gunakan shortcuts yang disediakan oleh keyboard untuk mengubah huruf menjadi huruf kapital atau huruf kecil.
  3. Aktifkan Mode Lock: Beberapa keyboard juga memiliki mode lock untuk huruf kapital, aktifkan mode ini untuk mengetik semua huruf dalam huruf kapital.

Dengan mengikuti salah satu cara di atas, pengguna dapat menonaktifkan huruf kapital di perangkat Android sesuai dengan preferensi pengguna. Selain itu, memilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna juga akan meningkatkan kenyamanan saat mengetik dan mengurangi gangguan yang mungkin timbul akibat pengaturan huruf kapital.

Redaksi kkpsurabaya.id

kkpsurabaya.id adalah portal berita dan informasi terbaru Surabaya saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Surabaya.
Back to top button