5 Cara Menghitung Harga Pokok Produksi Secara Efektif!

Harga pokok produksi (HPP) merupakan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam proses produksi suatu barang atau jasa. Menghitung HPP dengan tepat sangat penting bagi perusahaan untuk menentukan harga jual yang kompetitif dan mengoptimalkan keuntungan. Berikut adalah langkah-langkah dalam menghitung harga pokok produksi:

1. Menghitung Bahan Baku

Bahan baku adalah bahan mentah yang digunakan dalam proses produksi. Langkah pertama dalam menghitung HPP adalah dengan menghitung total biaya bahan baku yang digunakan. Biaya bahan baku dapat meliputi harga beli bahan baku, biaya pengiriman, dan biaya penyimpanan bahan baku.

  1. Hitung total biaya pembelian bahan baku selama periode tertentu.
  2. Tambahkan biaya pengiriman bahan baku ke pabrik.
  3. Tambahkan biaya penyimpanan bahan baku selama periode tertentu.

2. Menghitung Tenaga Kerja Langsung

Tenaga kerja langsung (TKL) adalah biaya untuk tenaga kerja yang langsung terlibat dalam proses produksi. Untuk menghitung TKL, perlu diketahui jumlah jam kerja dan tarif upah per jam. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Hitung jumlah tenaga kerja langsung yang diperlukan dalam proses produksi.
  2. Kalikan jumlah jam kerja dengan tarif upah per jam untuk mendapatkan total biaya TKL.

3. Menghitung Overhead Pabrik

Overhead pabrik adalah semua biaya produksi selain bahan baku dan TKL yang diperlukan dalam proses produksi. Overhead pabrik dapat terdiri dari biaya listrik, biaya air, biaya perawatan mesin, dan lain-lain. Berikut langkah-langkah menghitung overhead pabrik:

  1. Identifikasi semua biaya overhead pabrik yang dikeluarkan selama periode tertentu.
  2. Alokasikan biaya overhead pabrik ke produk-produk yang diproduksi dengan menggunakan metode alokasi yang sesuai.

4. Menghitung Harga Pokok Produksi

Setelah menghitung biaya bahan baku, TKL, dan overhead pabrik, langkah terakhir adalah menghitung harga pokok produksi. Harga pokok produksi adalah total biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk memproduksi barang atau jasa. Berikut formula untuk menghitung HPP:

HPP = Bahan Baku + TKL + Overhead Pabrik

Dengan menghitung HPP dengan tepat, perusahaan dapat menentukan harga jual yang kompetitif dan mengoptimalkan keuntungan. Selain itu, perusahaan juga dapat melakukan analisis terhadap struktur biaya produksi untuk mencari cara-cara untuk mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi produksi.

Kesimpulan

Menghitung harga pokok produksi merupakan langkah penting dalam manajemen biaya produksi perusahaan. Dengan menggunakan metode yang tepat dan mengumpulkan data yang akurat, perusahaan dapat menghitung HPP dengan lebih tepat dan akurat. Dengan demikian, perusahaan dapat menentukan harga jual yang kompetitif dan mengoptimalkan keuntungan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam menghitung harga pokok produksi. Terima kasih.

Redaksi kkpsurabaya.id

kkpsurabaya.id adalah portal berita dan informasi terbaru Surabaya saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Surabaya.
Back to top button