Blog

5 Cara Mudah Memindahkan Whatsapp dari Hp yang Rusak!

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia saat ini. Berbagai macam informasi pribadi dan penting seringkali tersimpan di dalam akun Whatsapp, seperti percakapan dengan teman, keluarga, atau rekan kerja, foto dan video, serta file penting lainnya. Oleh karena itu, ketika hp rusak dan data Whatsapp terancam hilang, sangat penting untuk segera mencari cara untuk memindahkan Whatsapp dari hp yang rusak ke perangkat lain.

1. Backup Whatsapp Secara Berkala

Backup Whatsapp secara berkala merupakan langkah yang sangat penting untuk menghindari kehilangan data jika hp mengalami kerusakan. Dengan melakukan backup secara rutin, Anda dapat dengan mudah mengembalikan data Whatsapp ke perangkat lain jika diperlukan. Whatsapp menyediakan fitur backup otomatis ke Google Drive (untuk pengguna Android) dan iCloud (untuk pengguna iOS) yang dapat diatur untuk berjalan secara otomatis setiap hari, mingguan, atau bulanan.

2. Mengganti Kartu SIM ke Perangkat Baru

Jika hp rusak namun kartu SIM masih berfungsi dengan baik, Anda dapat memasang kartu SIM tersebut ke perangkat lain untuk mengakses kembali akun Whatsapp Anda. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Matikan hp lama Anda.
  • Keluarkan kartu SIM dari hp lama.
  • Tempatkan kartu SIM ke slot kartu SIM di hp baru.
  • Nyalakan hp baru dan buka aplikasi Whatsapp.
  • Masukkan nomor telepon yang terkait dengan akun Whatsapp Anda.
  • Verifikasi nomor telepon melalui SMS atau panggilan telepon.

3. Menggunakan Whatsapp Web

Jika hp Anda rusak namun masih dapat terhubung ke internet, Anda dapat menggunakan Whatsapp Web untuk mengakses akun Whatsapp Anda dari perangkat lain, seperti komputer atau tablet. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka browser web di komputer atau tablet.
  2. Kunjungi situs resmi Whatsapp Web di web.whatsapp.com.
  3. Pindai kode QR yang muncul di layar komputer atau tablet dengan hp Anda yang terhubung ke internet.
  4. Akun Whatsapp Anda akan terbuka di browser web dan Anda dapat mulai menggunakan Whatsapp dari perangkat lain.

4. Memindahkan Backup Whatsapp ke Perangkat Baru

Jika Anda telah melakukan backup Whatsapp secara teratur dan menyimpannya di Google Drive (untuk pengguna Android) atau iCloud (untuk pengguna iOS), Anda dapat dengan mudah memindahkan data Whatsapp ke perangkat baru. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Instal Whatsapp di perangkat baru Anda.
  2. Verifikasi nomor telepon yang terkait dengan akun Whatsapp Anda.
  3. Restore data dari backup yang tersimpan di Google Drive atau iCloud.
  4. Tunggu proses restore selesai dan akun Whatsapp Anda akan kembali seperti semula.

5. Meminta Bantuan Whatsapp Customer Service

Jika semua cara di atas tidak berhasil atau Anda mengalami kesulitan dalam memindahkan Whatsapp dari hp yang rusak, Anda dapat menghubungi Whatsapp Customer Service untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Whatsapp menyediakan layanan pelanggan yang responsif dan siap membantu pengguna dalam mengatasi berbagai masalah terkait dengan akun Whatsapp.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah memindahkan Whatsapp dari hp yang rusak ke perangkat lain tanpa kehilangan data yang penting. Selalu ingat untuk melakukan backup secara berkala dan mengikuti langkah-langkah dengan hati-hati untuk menghindari kerugian data yang tidak diinginkan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengatasi masalah memindahkan Whatsapp dari hp yang rusak.

Redaksi kkpsurabaya.id

kkpsurabaya.id adalah portal berita dan informasi terbaru Surabaya saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Surabaya.
Back to top button