Blog

7 Cara Ampuh Agar Baterai Laptop Tahan Lama Saat Menggunakan Windows 11

Windows 11 merupakan sistem operasi terbaru yang diluncurkan oleh Microsoft. Meskipun membawa berbagai fitur baru yang menarik, pengguna sering mengalami masalah daya baterai laptop yang cepat habis setelah menggunakan Windows 11. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas 5 cara agar baterai laptop tidak cepat habis di Windows 11 untuk membantu memaksimalkan daya tahan baterai laptop Anda.

1. Menyesuaikan Pengaturan Daya

Pengaturan daya dapat berdampak besar pada daya tahan baterai laptop Anda. Untuk mengatur pengaturan daya di Windows 11, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  • Masuk ke Pengaturan: Klik ikon Start dan pilih “Settings”.
  • Pilih System: Di jendela Settings, pilih “System”.
  • Pilih Power & Battery: Pilih opsi “Power & Battery” di menu sebelah kiri.
  • Atur Pengaturan Daya: Sesuaikan pengaturan daya sesuai kebutuhan Anda, misalnya dengan mengatur waktu tidur, kecerahan layar, dan mode daya.

Dengan mengatur pengaturan daya secara optimal, Anda dapat menghemat daya baterai laptop Anda dan mencegah baterai cepat habis.

2. Mematikan Aplikasi dan Fitur yang Tidak Dibutuhkan

Aplikasi dan fitur tertentu dapat mengonsumsi daya baterai laptop secara besar-besaran. Oleh karena itu, penting untuk mematikan aplikasi dan fitur yang tidak Anda gunakan untuk menghemat daya baterai. Beberapa langkah yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Menutup Aplikasi Background: Pastikan untuk menutup aplikasi yang berjalan di background dan tidak digunakan.
  • Nonaktifkan Fitur Bluetooth dan WiFi: Jika tidak sedang digunakan, matikan fitur Bluetooth dan WiFi untuk menghemat daya baterai.
  • Matikan Animasi dan Efek Visual: Matikan efek visual yang tidak perlu seperti animasi dan transparansi untuk mengurangi beban pada baterai.

Dengan mematikan aplikasi dan fitur yang tidak diperlukan, Anda dapat memperpanjang daya tahan baterai laptop Anda.

3. Perbarui Driver dan Sistem

Driver dan sistem yang tidak terbaru dapat menyebabkan baterai laptop cepat habis karena kinerja yang tidak optimal. Pastikan untuk selalu memperbarui driver dan sistem operasi Anda ke versi terbaru untuk mengatasi masalah daya baterai. Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut untuk memperbarui driver dan sistem:

  • Perbarui Driver: Buka Device Manager, perbarui driver yang memiliki tanda seru kuning, atau kunjungi situs resmi produsen perangkat keras untuk mendownload driver terbaru.
  • Perbarui Windows: Pastikan sistem Windows Anda selalu diperbarui dengan update terbaru dari Microsoft.

Dengan memperbarui driver dan sistem secara rutin, Anda dapat memastikan baterai laptop tetap awet dan tidak cepat habis.

4. Menggunakan Mode Hemat Daya

Windows 11 menyediakan fitur mode hemat daya yang dapat membantu mengoptimalkan daya tahan baterai laptop. Anda dapat mengaktifkan mode hemat daya dengan langkah-langkah berikut:

  • Masuk ke Pengaturan: Klik ikon Start dan pilih “Settings”.
  • Pilih System: Di jendela Settings, pilih “System”.
  • Pilih Power & Battery: Pilih opsi “Power & Battery” di menu sebelah kiri.
  • Aktifkan Saver Mode: Aktifkan opsi “Battery saver” untuk mengaktifkan mode hemat daya.

Dengan menggunakan mode hemat daya, sistem akan secara otomatis mengoptimalkan penggunaan daya sesuai kebutuhan sehingga baterai laptop tidak cepat habis.

5. Kalibrasi Baterai secara Berkala

Kalibrasi baterai adalah proses yang penting untuk memastikan baterai laptop berfungsi secara optimal dan mencegah baterai cepat habis. Anda dapat melakukan kalibrasi baterai dengan langkah-langkah berikut:

  • Mengosongkan Baterai: Gunakan laptop hingga baterai benar-benar kosong dan laptop mati secara otomatis.
  • Isi Ulang Baterai: Isi ulang baterai hingga penuh tanpa menghidupkan laptop.
  • Kalibrasi dengan Software: Gunakan software khusus untuk melakukan kalibrasi baterai jika diperlukan.

Dengan melakukan kalibrasi baterai secara berkala, Anda dapat memastikan daya tahan baterai laptop tetap optimal dan tidak cepat habis.

Dengan mengikuti 5 cara di atas, Anda dapat mengatasi masalah baterai laptop yang cepat habis setelah menggunakan Windows 11. Pastikan untuk mengatur pengaturan daya, mematikan aplikasi dan fitur yang tidak diperlukan, memperbarui driver dan sistem, menggunakan mode hemat daya, serta melakukan kalibrasi baterai secara rutin untuk memaksimalkan daya tahan baterai laptop Anda. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Anda mengoptimalkan penggunaan baterai laptop di Windows 11.

Redaksi kkpsurabaya.id

kkpsurabaya.id adalah portal berita dan informasi terbaru Surabaya saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Surabaya.
Back to top button