Ini Dia Cara Bikin Kartu Keluarga dengan Mudah Lewat Online!

Kartu Keluarga (KK) merupakan salah satu dokumen penting yang wajib dimiliki oleh setiap keluarga di Indonesia. KK biasanya diperlukan dalam berbagai kegiatan administrasi, seperti mengurus KTP, BPJS, dan lain sebagainya. Untuk memudahkan masyarakat, sekarang sudah tersedia layanan untuk membuat KK secara online. Berikut ini adalah panduan lengkap tentang cara membuat KK lewat online.

1. Persiapan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses pembuatan Kartu Keluarga online, pastikan Anda telah menyiapkan beberapa dokumen dan informasi yang diperlukan, antara lain:

  • KTP atau identitas diri lainnya
  • Akta Kelahiran anggota keluarga
  • Kartu Keluarga lama (jika sudah ada)
  • Surat Nikah (jika sudah menikah)

2. Akses Layanan Online

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengakses situs resmi pemerintah yang menyediakan layanan pembuatan KK online. Pastikan situs yang Anda akses adalah situs yang terpercaya untuk menghindari penipuan.

3. Mengisi Formulir Online

Setelah masuk ke situs resmi, cari formulir online untuk pembuatan KK. Isi semua kolom formulir sesuai dengan data yang diminta. Pastikan data yang Anda masukkan benar dan sesuai dengan dokumen yang Anda miliki.

4. Mengunggah Dokumen

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti KTP, Akta Kelahiran, Kartu Keluarga lama, dan Surat Nikah. Pastikan dokumen yang diunggah dalam format yang jelas dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

5. Verifikasi Data

Setelah mengisi formulir dan mengunggah dokumen, Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi data. Pastikan data yang Anda masukkan benar dan tidak ada kesalahan. Periksa kembali sebelum melanjutkan proses selanjutnya.

6. Proses Pembuatan

Setelah semua data diverifikasi, proses pembuatan KK akan dimulai. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai. Anda akan diberikan nomor registrasi atau nomor antrian untuk memantau status pengajuan KK Anda.

7. Pengambilan KK

Setelah proses pembuatan selesai, Anda akan diberitahu melalui email atau SMS untuk mengambil Kartu Keluarga yang telah selesai dibuat. Datanglah ke kantor Dinas Kependudukan setempat untuk mengambil KK dengan membawa dokumen asli yang telah Anda unggah sebelumnya.

8. Biaya Pembuatan

Untuk layanan pembuatan KK online, biasanya dikenakan biaya administrasi. Pastikan Anda mengetahui besaran biaya yang harus dibayarkan sebelum memulai proses pembuatan KK. Pembayaran biasanya dapat dilakukan secara online melalui metode pembayaran yang disediakan.

9. Keuntungan Membuat KK Online

Membuat Kartu Keluarga secara online memiliki berbagai keuntungan, antara lain:

  • Hemat Waktu dan Tenaga: Anda tidak perlu mengantre di kantor Dinas Kependudukan untuk mengurus KK.
  • Mudah dan Praktis: Proses pembuatan dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja selama terhubung dengan internet.
  • Monitoring Proses: Anda dapat memantau status pengajuan KK secara online dan mengetahui kapan KK Anda sudah siap diambil.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat Kartu Keluarga secara online dengan mudah dan praktis. Pastikan untuk selalu memperhatikan ketentuan yang berlaku dan jangan ragu untuk meminta bantuan jika mengalami kendala dalam proses pembuatan KK online. Semoga artikel ini bermanfaat!

Redaksi kkpsurabaya.id

kkpsurabaya.id adalah portal berita dan informasi terbaru Surabaya saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Surabaya.
Back to top button