Blog

Ini Dia Cara Cek Hp Oppo Bekas Agar Tidak Terkecoh!

Membeli hp Oppo bekas bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menghemat budget pembelian. Namun, sebelum memutuskan untuk membeli hp Oppo bekas, ada baiknya untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu agar tidak kecewa di kemudian hari. Berikut adalah cara cek hp Oppo bekas yang dapat membantu Anda dalam memilih hp bekas yang berkualitas:

1. Periksa Fisik Luar

Fisik luar merupakan hal yang pertama kali harus diperiksa saat membeli hp Oppo bekas. Pastikan tidak ada kerusakan pada body hp, seperti retak, goresan, atau kerusakan lainnya. Periksa juga kondisi layar, tombol, dan port charging untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.

2. Periksa IMEI

IMEI merupakan nomor identifikasi unik untuk setiap hp. Pastikan untuk memeriksa IMEI hp Oppo bekas yang ingin Anda beli untuk memastikan bahwa hp tersebut bukan barang curian atau black market. Anda dapat memeriksa IMEI hp dengan melakukan panggilan ke *#06# atau melalui pengaturan hp.

3. Periksa Kualitas Kamera

Kamera merupakan salah satu fitur penting dalam hp Oppo. Pastikan untuk memeriksa kualitas foto dan video yang dihasilkan oleh kamera depan dan belakang hp. Periksa juga fitur-fitur kamera lainnya, seperti mode potret, panorama, dan HDR.

4. Periksa Performa

Performa hp Oppo bekas juga perlu diperiksa. Coba jalankan beberapa aplikasi untuk memastikan bahwa hp berjalan lancar tanpa lag atau hang. Periksa juga kapasitas RAM dan penyimpanan internal hp untuk memastikan sesuai dengan yang dibutuhkan.

5. Periksa Sistem Operasi

Sistem operasi hp Oppo bekas perlu dicek untuk memastikan bahwa hp tidak mengalami masalah software. Periksa versi Android yang digunakan, apakah masih mendukung atau perlu update. Pastikan juga tidak ada malware atau virus yang dapat merusak hp.

6. Periksa Baterai

Baterai adalah komponen penting dalam hp Oppo bekas. Pastikan untuk memeriksa daya tahan baterai dan kondisi fisiknya. Periksa apakah baterai masih sehat atau sudah mengalami penurunan kapasitas. Pastikan juga charger dan kabel data masih berfungsi dengan baik.

7. Periksa Garansi

Jika memungkinkan, periksa apakah hp Oppo bekas masih memiliki garansi yang berlaku. Garansi dapat menjadi jaminan bagi Anda jika terjadi masalah dengan hp dalam jangka waktu tertentu setelah pembelian. Pastikan juga untuk memeriksa masa berlaku garansi yang tersisa.

8. Periksa Harga Pasaran

Sebelum membeli hp Oppo bekas, pastikan untuk memeriksa harga pasaran hp tersebut. Bandingkan harga hp bekas yang ingin Anda beli dengan harga pasaran yang sesuai dengan kondisi dan tahun rilisnya. Jangan sampai membeli hp bekas dengan harga yang terlalu tinggi.

9. Periksa Status Kepemilikan

Terakhir, pastikan untuk memeriksa status kepemilikan hp Oppo bekas yang ingin Anda beli. Mintalah bukti pembelian atau kwitansi asli kepada penjual untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Jika memungkinkan, lakukan transfer kepemilikan resmi.

Dengan melakukan semua langkah di atas, Anda dapat memastikan bahwa hp Oppo bekas yang ingin Anda beli merupakan barang yang berkualitas dan layak untuk digunakan. Selamat mencari hp Oppo bekas yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda!

Redaksi kkpsurabaya.id

kkpsurabaya.id adalah portal berita dan informasi terbaru Surabaya saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Surabaya.
Back to top button