Blog

Ini Dia Cara Membuat ATM Mandiri yang Bisa Kamu Coba!

ATM Mandiri merupakan salah satu layanan perbankan yang sangat populer di Indonesia. Dengan memiliki ATM Mandiri, Anda dapat dengan mudah melakukan berbagai transaksi perbankan seperti penarikan tunai, transfer uang, cek saldo, dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang belum memiliki ATM Mandiri, Anda tidak perlu khawatir karena proses pembuatannya sangat mudah dan cepat. Berikut adalah cara membuat ATM Mandiri yang bisa Anda ikuti.

1. Persiapkan Dokumen yang Diperlukan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat ATM Mandiri adalah menyiapkan dokumen yang diperlukan. Dokumen yang biasanya dibutuhkan antara lain:

  • Kartu Identitas (KTP): Sebagai identitas diri Anda
  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak): Jika Anda memiliki
  • Kartu Keluarga: Untuk verifikasi alamat
  • Surat Keterangan Usaha: Jika Anda memiliki usaha

Pastikan dokumen-dokumen tersebut dalam keadaan asli dan masih berlaku.

2. Kunjungi Cabang Bank Mandiri Terdekat

Langkah berikutnya adalah mengunjungi cabang Bank Mandiri terdekat dari lokasi Anda. Di cabang tersebut, Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran ATM Mandiri dan menyerahkan dokumen-dokumen yang sudah disiapkan sebelumnya.

3. Pilih Jenis Rekening

Selanjutnya, Anda harus memilih jenis rekening yang ingin Anda daftarkan untuk ATM Mandiri Anda. Bank Mandiri memiliki berbagai jenis rekening seperti rekening tabungan, deposito, dan giro. Pilihlah jenis rekening yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

4. Setor Dana Awal (Jika Diperlukan)

Beberapa jenis rekening mungkin memerlukan setoran dana awal untuk mengaktifkannya. Pastikan Anda menanyakan informasi mengenai setoran dana awal yang dibutuhkan dan siapkan jumlah uang yang sesuai sebelum melakukan pembuatan ATM Mandiri.

5. Tunggu Proses Pembuatan

Setelah Anda mengisi formulir pendaftaran dan menyerahkan dokumen-dokumen yang diperlukan, Anda tinggal menunggu proses pembuatan ATM Mandiri selesai. Proses ini biasanya memakan waktu beberapa hari hingga satu minggu tergantung dari kebijakan cabang Bank Mandiri tempat Anda mendaftar.

6. Ambil ATM dan Aktifkan

Setelah ATM Mandiri Anda selesai dibuat, Anda dapat datang ke cabang Bank Mandiri lagi untuk mengambil kartu ATM Anda. Pastikan untuk segera mengaktifkan kartu ATM Anda melalui ATM terdekat atau melalui layanan internet banking yang disediakan oleh Bank Mandiri.

7. Aktivasi Internet Banking

Selain mengaktifkan kartu ATM, Anda juga dapat mengaktifkan layanan internet banking untuk kemudahan akses dan penggunaan rekening Anda. Dengan layanan internet banking, Anda dapat melakukan berbagai transaksi perbankan secara online tanpa harus ke cabang Bank Mandiri.

8. Pelajari Fitur ATM Mandiri

Setelah Anda berhasil membuat ATM Mandiri, pastikan untuk mempelajari berbagai fitur dan layanan yang disediakan oleh ATM Mandiri. Anda dapat melakukan penarikan tunai, transfer uang, pembayaran tagihan, cek saldo, dan masih banyak lagi melalui ATM Mandiri.

9. Jaga Keamanan ATM Mandiri

Terakhir, jangan lupa untuk selalu menjaga keamanan ATM Mandiri Anda. Jangan memberikan informasi pribadi atau PIN ATM kepada orang lain, jangan menggunakan ATM Mandiri di tempat yang tidak aman, dan segera laporkan jika terjadi hal yang mencurigakan terkait dengan ATM Mandiri Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membuat ATM Mandiri dan mulai menikmati berbagai kemudahan dalam melakukan transaksi perbankan. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan saldo rekening Anda dan melakukan transaksi secara bijak. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu!

Redaksi kkpsurabaya.id

kkpsurabaya.id adalah portal berita dan informasi terbaru Surabaya saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Surabaya.
Back to top button