Ini Dia! Cara Mudah Bikin NPWP Online Lewat HP, Praktis dan Efisien!

Mengurus pembuatan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) kini semakin mudah dilakukan secara online, termasuk melalui smartphone atau HP. Proses ini tentu akan memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen perpajakan tanpa harus datang langsung ke kantor pajak. Berikut ini adalah langkah-langkah Cara Bikin NPWP Online Lewat HP secara lengkap.

1. Persiapan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses pembuatan NPWP secara online, pastikan Anda sudah menyiapkan beberapa dokumen pendukung yang diperlukan antara lain:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan NPWP lama (jika sudah memiliki): Kedua dokumen ini sangat penting untuk mengisi data diri secara akurat.
  • Surat Keterangan Usaha (SKU) atau Surat Keterangan Pendaftaran (SKP): Dokumen ini diperlukan jika Anda memiliki usaha sendiri.
  • Surat Keputusan Pengangkatan (SK Pengangkatan): Diperlukan jika Anda seorang pegawai negeri.

2. Akses Aplikasi e-Registration

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengakses aplikasi e-Registration yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Aplikasi ini dapat diakses melalui browser di HP Anda dengan mengunjungi situs eregister.pajak.go.id.

3. Registrasi Akun

Setelah berhasil mengakses situs e-Registration, langkah selanjutnya adalah melakukan registrasi akun baru. Anda akan diminta untuk mengisi beberapa data pribadi seperti nama, nomor telepon, alamat email, dan lain sebagainya. Pastikan data yang Anda masukkan sudah benar dan valid.

4. Verifikasi Akun

Setelah proses registrasi selesai, Anda akan menerima email verifikasi dari DJP. Buka email tersebut dan ikuti instruksi verifikasi yang diberikan. Setelah akun berhasil diverifikasi, Anda dapat langsung masuk ke dalam sistem e-Registration.

5. Pengisian Formulir Online

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisi formulir online yang berisi data diri dan informasi mengenai status kepegawaian atau usaha yang Anda miliki. Pastikan mengisi formulir dengan jujur dan akurat untuk mempercepat proses verifikasi.

6. Unggah Dokumen Pendukung

Setelah mengisi formulir, Anda akan diminta untuk mengunggah dokumen-dokumen pendukung seperti KTP, SKU, atau SK Pengangkatan. Pastikan dokumen yang diunggah dalam bentuk file dengan format yang diterima oleh sistem.

7. Verifikasi Data

Sebelum menyelesaikan proses pembuatan NPWP online, pastikan untuk memeriksa kembali data yang telah Anda isi. Pastikan tidak ada kesalahan atau kekurangan data yang dapat memperlambat proses verifikasi.

8. Tunggu Proses Verifikasi

Setelah semua dokumen terkirim, Anda perlu menunggu proses verifikasi data yang dilakukan oleh petugas pajak. Proses ini dapat memakan waktu beberapa hari hingga beberapa minggu tergantung dari jumlah pengajuan yang masuk.

9. Dapatkan Nomor NPWP

Jika proses verifikasi data telah selesai dan lolos, Anda akan mendapatkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) langsung melalui email. Simpan dengan baik nomor tersebut untuk keperluan transaksi non-tunai atau administrasi lainnya.

10. Cetak NPWP

Setelah mendapatkan Nomor NPWP, langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah mencetak NPWP tersebut. Anda dapat mencetak NPWP melalui aplikasi e-Registration atau mengunjungi kantor pajak terdekat untuk mencetak NPWP fisik.

Demikianlah langkah-langkah Cara Bikin NPWP Online Lewat HP yang dapat Anda lakukan dengan mudah dan praktis. Dengan pembuatan NPWP secara online, Anda dapat mengurus dokumen perpajakan tanpa harus repot mengunjungi kantor pajak secara langsung.

Redaksi kkpsurabaya.id

kkpsurabaya.id adalah portal berita dan informasi terbaru Surabaya saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Surabaya.
Back to top button