Ini Dia! Tata Cara Sholat Dhuha 4 Rakaat yang Harus Kamu Ketahui!

Sholat Dhuha adalah salah satu sholat sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat Islam. Sholat Dhuha dilakukan pada waktu dhuha yakni pada saat matahari telah naik beberapa derajat setelah terbit. Sholat Dhuha terdiri dari 2 hingga 8 rakaat, namun kali ini kita akan membahas Tata Cara Sholat Dhuha 4 Rakaat. Berikut ini adalah tata cara sholat Dhuha 4 rakaat:

1. Niat Sholat Dhuha 4 Rakaat

Sebelum memulai sholat Dhuha, pertama-tama kita harus berniat. Niat sholat Dhuha dilakukan dalam hati sesuai dengan yang dianjurkan. Misalnya, “Saya niat sholat Dhuha 4 rakaat karena Allah Ta’ala”.

2. Membaca Takbiratul Ihram

Setelah niat, selanjutnya adalah membaca takbiratul ihram untuk memulai sholat.angat dianjurkan bagi umat Islam untuk membaca doa iftitah sebelum membaca Al-Fatihah.

3. Membaca Surat Al-Fatihah dan Surat Pendek Lainnya

Setelah membaca doa iftitah, bacalah surat Al-Fatihah seperti biasa. Selanjutnya, bacalah surat-surat pendek lainnya seperti surat Al-Ikhlas atau surat-surat pendek lainnya.

4. Ruku dan I’tidal

Setelah selesai membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek, lakukanlah ruku’ kemudian bangun dari ruku’ untuk i’tidal. Pastikan gerakan ruku’ dan i’tidal dilakukan dengan khushu’ dan khusyu’.

5. Sujud dan Duduk di Antara Dua Sujud

Setelah i’tidal, lakukanlah sujud dan duduk di antara dua sujud seperti dalam sholat pada umumnya. Pastikan sujud dilakukan dengan baik dan kuat.

6. Tahiyat Awal dan Akhir

Setelah dua sujud, lakukanlah tahiyat awal dan tahiyat akhir. Bacalah tasyahud sesuai dengan tuntunan yang benar.

7. Salam

Setelah tahiyat akhir, lakukanlah salam sebagai tanda berakhirnya sholat. Salam dilakukan dengan mengangkat jari telunjuk sebelah kanan dan menjunjungnya sejajar dengan telinga, lalu berkata, “Assalamu’alaikum warahmatullah” sebanyak satu kali.

Demikianlah tata cara sholat Dhuha 4 rakaat yang bisa dilakukan oleh umat Islam. Sholat Dhuha merupakan salah satu amalan sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan, terutama bagi mereka yang ingin mendapatkan pahala dan keberkahan dalam hidup. Janganlah ragu untuk melaksanakannya, karena segala amalan yang dilakukan dengan ikhlas pasti akan mendapatkan balasan yang baik dari Allah SWT. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang belajar tata cara sholat Dhuha 4 rakaat.

Redaksi kkpsurabaya.id

kkpsurabaya.id adalah portal berita dan informasi terbaru Surabaya saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Surabaya.
Back to top button