Blog

Ini Rahasia Cara Membuat Sorotan di Instagram Tanpa Melalui Story!

Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang sangat populer di kalangan pengguna internet. Dengan fitur-fitur yang terus berkembang, pengguna dapat berbagi momen-momen penting dalam hidup mereka. Salah satu fitur yang cukup populer di Instagram adalah sorotan (highlight). Sorotan merupakan kumpulan cerita (story) yang disimpan secara permanen di profil pengguna. Namun, bagaimana cara membuat sorotan di Instagram tanpa harus membuat story terlebih dahulu atau menggunakan cerita yang sudah ada?

1. Menggunakan Foto atau Video yang Sudah Ada

Jika Anda ingin membuat sorotan di Instagram tanpa harus membuat story terlebih dahulu, Anda dapat menggunakan foto atau video yang sudah ada di galeri ponsel Anda. Caranya cukup mudah, cukup buka aplikasi Instagram, pilih opsi sorotan, pilih gambar atau video yang ingin Anda tambahkan, dan atur cover serta judul untuk sorotan tersebut.

2. Menggunakan Fitur Post Langsung ke Sorotan

Fitur post langsung ke sorotan merupakan fitur yang memungkinkan pengguna Instagram untuk langsung memposting foto atau video ke sorotan tanpa harus membuat story terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mengunggah foto atau video seperti biasa, namun alih-alih memilih opsi story, pilih opsi sorotan. Dengan demikian, foto atau video tersebut akan langsung tersimpan di sorotan Anda.

3. Menggunakan Fitur Share ke Sorotan

Fitur share ke sorotan juga merupakan cara yang efektif untuk membuat sorotan di Instagram tanpa membuat story terlebih dahulu. Caranya adalah dengan membuka story yang sudah ada, klik ikon More (biasanya tiga titik vertikal di bagian kanan bawah story), dan pilih opsi Share to Highlight. Kemudian, pilih sorotan yang ingin Anda tambahkan story tersebut. Dengan demikian, story tersebut akan disimpan di sorotan pilihan Anda.

4. Mengatur Sorotan Sesuai Kategori

Agar profil Instagram Anda terlihat lebih rapi dan terorganisir, Anda dapat mengatur sorotan-sorotan Anda sesuai dengan kategori tertentu. Misalnya, Anda dapat membuat sorotan khusus untuk liburan, kuliner, hobi, atau tema lainnya. Caranya adalah dengan membuat folder atau grup sorotan dan menamainya sesuai dengan kategori yang Anda inginkan.

5. Menyunting Cover Sorotan

Menyunting cover sorotan merupakan langkah penting untuk membuat sorotan di Instagram terlihat menarik dan mudah dikenali. Anda dapat menyunting cover sorotan dengan memilih foto atau video yang paling mewakili konten di dalam sorotan tersebut. Caranya adalah dengan membuka sorotan yang ingin Anda edit, klik ikon More (biasanya tiga titik vertikal di bagian kanan bawah sorotan), dan pilih opsi Edit Highlight. Kemudian, pilih foto atau video yang ingin Anda jadikan cover sorotan.

6. Membuat Sorotan Berdasarkan Tren atau Tema

Jika Anda ingin menarik perhatian pengunjung profil Instagram Anda, Anda dapat membuat sorotan berdasarkan tren atau tema tertentu. Misalnya, Anda dapat membuat sorotan tentang #throwbackthursday, #selfcare, atau tema lainnya yang sedang populer. Dengan demikian, pengunjung akan lebih tertarik untuk melihat sorotan-sorotan yang ada di profil Anda.

7. Menggunakan Emoji dan Stiker

Agar sorotan di Instagram terlihat lebih menarik dan kreatif, Anda dapat menggunakan emoji dan stiker dalam pembuatan sorotan. Emoji dan stiker dapat menambahkan sentuhan personal dan membuat sorotan Anda lebih berwarna. Caranya adalah dengan memilih foto atau video yang ingin Anda tambahkan, lalu klik ikon emoji atau stiker dan pilih yang sesuai dengan konten yang Anda bagikan.

8. Memberi Judul yang Menarik

Memberi judul yang menarik pada sorotan juga merupakan hal yang penting untuk menarik perhatian pengunjung. Judul yang menarik akan membuat pengunjung lebih tertarik untuk melihat isi sorotan tersebut. Anda dapat menggunakan kata-kata singkat namun catchy untuk judul sorotan Anda. Jangan lupa juga untuk menggunakan emoji atau stiker untuk menambahkan sentuhan kreatif pada judul sorotan.

9. Menyimpan Sorotan sebagai Highlight

Setelah Anda selesai membuat sorotan di Instagram, pastikan untuk menyimpannya sebagai sorotan (highlight). Dengan menyimpan sorotan sebagai highlight, sorotan tersebut akan selalu ada di bagian atas profil Instagram Anda dan dapat terlihat oleh pengunjung profil Anda. Caranya adalah dengan membuka sorotan yang ingin Anda simpan, klik ikon More (biasanya tiga titik vertikal di bagian kanan bawah sorotan), dan pilih opsi Save to Highlight.

10. Menjaga Konsistensi dan Kreativitas

Menjaga konsistensi dan kreativitas dalam pembuatan sorotan di Instagram merupakan kunci untuk membuat profil Anda terlihat menarik dan unik. Cobalah untuk selalu membawakan konten yang segar dan kreatif dalam sorotan-sorotan Anda. Selain itu, juga penting untuk menjaga konsistensi dalam penulisan judul, pemilihan cover, serta tema-tema yang Anda angkat dalam sorotan-sorotan Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat sorotan di Instagram tanpa harus membuat story terlebih dahulu. Jangan lupa untuk selalu mengikuti perkembangan fitur-fitur baru di Instagram agar pengalaman penggunaan Anda semakin menyenangkan dan kreatif!

Redaksi kkpsurabaya.id

kkpsurabaya.id adalah portal berita dan informasi terbaru Surabaya saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Surabaya.
Back to top button