Blog

Simak Daftar Barang Terlarang di Bagasi Pesawat! Apa Saja Ya?

Memiliki perjalanan dengan pesawat terbang adalah salah satu pilihan transportasi yang cepat dan efisien. Namun, sebagai penumpang pesawat, kita harus mematuhi berbagai aturan dan regulasi yang berlaku, termasuk terkait dengan barang-barang yang boleh dan tidak boleh dibawa di bagasi pesawat. Sebagai informasi, terdapat beberapa barang yang dilarang untuk dibawa di dalam bagasi pesawat. Berikut adalah daftar barang yang tidak boleh dibawa di bagasi pesawat.

1. Bahan Peledak dan Bahan Berbahaya Lainnya

Barang-barang yang memiliki potensi bahaya yang sangat tinggi seperti bahan peledak, bahan kimia berbahaya, senjata api, dan bahan bakar tidak boleh dibawa dalam bagasi pesawat. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan keamanan penerbangan dan mencegah terjadinya insiden yang dapat membahayakan keselamatan penumpang dan awak pesawat.

2. Senjata Tajam atau Alat Pemotong Berbahaya

Senjata tajam seperti pisau, gunting besar, pedang, atau benda tajam lainnya juga termasuk dalam daftar barang yang tidak boleh dibawa di bagasi pesawat. Selain itu, alat pemotong berbahaya seperti cutter atau gunting dengan mata tajam juga dilarang untuk dibawa dalam bagasi pesawat. Hal ini dilakukan untuk mencegah penggunaan senjata tajam di dalam pesawat yang dapat membahayakan keselamatan penumpang lainnya.

3. Cairan, Gel, atau Krim dalam Kemasan Lebih dari 100ml

Salah satu aturan yang diterapkan oleh maskapai penerbangan adalah mengenai cairan, gel, atau krim dalam kemasan lebih dari 100ml. Barang-barang cairan tersebut harus dimasukkan dalam kemasan yang berukuran 100ml atau kurang dan ditempatkan dalam kantong plastik transparan bersegel. Barang-barang cairan dengan kemasan lebih dari 100ml tidak diperbolehkan untuk dibawa di dalam bagasi pesawat.

4. Barang Berharga atau Uang Tunai dalam Jumlah Besar

Meskipun tidak termasuk dalam kategori barang berbahaya, membawa barang berharga seperti perhiasan, uang tunai dalam jumlah besar, atau barang berharga lainnya dalam bagasi pesawat dapat meningkatkan risiko hilang atau dicuri. Sebaiknya, barang-barang berharga tersebut disimpan di dalam bagasi kabin atau bahkan dibawa di dalam tas pribadi penumpang untuk menghindari risiko tersebut.

5. Barang Mudah Meledak atau Terbakar

Barang-barang yang mudah meledak atau terbakar seperti korek api, lighter fluid, baterai lithium yang rusak, dan barang-barang berpotensi memicu kebakaran tidak diperbolehkan untuk dibawa di dalam bagasi pesawat. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kebakaran di dalam pesawat yang dapat mengancam keselamatan seluruh penumpang dan awak pesawat.

Demikianlah daftar barang yang tidak boleh dibawa di bagasi pesawat. Sebagai penumpang, sangat penting untuk mematuhi aturan dan regulasi yang telah ditetapkan oleh maskapai penerbangan guna menjaga keselamatan dan kenyamanan selama penerbangan. Pastikan untuk selalu memeriksa daftar barang terlarang sebelum melakukan perjalanan dengan pesawat untuk menghindari masalah di kemudian hari.

Redaksi kkpsurabaya.id

kkpsurabaya.id adalah portal berita dan informasi terbaru Surabaya saat ini. Situs ini memiliki visi untuk memberikan informasi yang akurat, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat Surabaya.
Back to top button